KARAKTER, UNSUR DAN TIPE IKLIM


IKLIM




A. Pengertian iklim

Iklim merupakan keadaan rata-rata dari pergerakan cuaca dalam waktu yang relatif lama, sekitar 30-100 tahun pada wilayah atau daerah yang relatif luas. Iklim adalah kelanjutan dari hasil pencatatan unsur cuaca dari hari ke hari dalam waktu yang lama sehinggadisebut sebagai rata-rata dari unsur cuaca secara umum. Iklim bersifat lebih stabil dibandingkan dengan cuaca (Khair berkah,2018). Karena iklim merupakan sifat cuaca dalam waktu yang relatif lama,maka data cuaca yang digunakan untuk mewakili keadaan atmosfer seluas mungkindalam wilayah tersebut. Ilmu yang mempelajari tentang iklim disebut sebagai ilmu klimatologi. Klimatologi lebih menekankan pada penyebaran dari hasil proses pembentukan iklim tersebut. Iklim berbeda dengan cuaca yang merupakan suatu keadaan udara yang berlangsung pada suatu wilayah tertentu dan hanya terjadi dalam waktu singkat yaitu hanya dalam beberapa jam saja.

B. Karakteristik iklim

Karakteristik atau ciri-ciri iklim secara umum yang dapat membedakannya dengan cuaca diantaranya adalah:
a.       Berlaku untuk waktu yang lama
b.      Meliputi daerah yang cukup luas
c.       Merupakan hasil rata-rata cuaca bukan pencatatan yang baru dibuat
d.      Iklim disuatu lokasi berhubungan dengan lokasi lain.
   

C. Unsur-unsur iklim
Iklim dapat terbentuk  karena terdapat unsur-unsur penyusunnya. Secara garis besar unsur penyusun iklim dan cuaca adakah sama karena cuaca dan iklim hanya berbeda pada panjangnya waktu kejadian yang diukur. Unsur-unsur penyusun atau pembentuk iklim antara lain adalah:

a.       Suhu udara
Suhu udara adalah derajat panas dinginnya udara. Tinggi rendahnya suatu sushu udara diukur dengan alat yang disebut termometer. Faktor yang mempengaruhi suhu udara adalah sudut datangnya sinar,intensitas matahari,ketinggian tempat, keadaan awan dan letak lintang.



b.      Tekanan udara
Tekanan udara adalah tekanan yang diberikan oleh udara pada setiap satuan luas bidang datar di permukaan bumi sampai ke atmosfer. Alat untuk mengukur tekanan udara disebut dengan barometer.
  

c.       Angin
Angin adalah massa udara yang bergerak dari tempat yang bertekanan udara tinggi ke tempat tang bertekanan udara rendah. Alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin adalah anemometer. 


d.      Kelembaban udara
Kelembaban udara adalah banyak sedikitnya uap airyang ada di udara. Kandungan uap air pada udara dapat diukur dengan alat higrometer.

e.       Awan
Awan adalahkumpulan titik-titik air atau kristal es yang terjadi karena proses kondensasi. Proses kondensasi adalah proses pengkristalanuap air karena pengaruh udara dingin. Awan yang mencapai permukaan bumi disebut kabut.


f.       Hujan
Hujan adalah kejadian yang diakibatkan oleh naiknya massa udara yang mengandung uap air dan mengkristal dalam butiran-butiran besar dan jatuh kepermukaan bumi. Alat yang digunakan untuk mengukur besarnya curah hujan adalah ombrometer .


D. Mekanisme pembentukan iklim

Penyerapan energi surya oleh bumi akan mengaktifkan molekul-molekul gas atmosfer sehingga terjadi pembentukan cuaca. Perubahan sudut datang matahari tiap saat dibumi dalam sehari atau setahun pada suatu lokasi tertentu akan mengakibatkann perubahan jumlah energi surya atau matahari. Perubahan tersebut meliputi pemanasan dan pendinginan udara,peningkatan dan penurunan tekanan udara,gerakan vertikal dan horizontal udara,penguapan dan kondensasi, pembentukan awan dan presipitasi. Secara garis besar interaksi antara unsur-unsur cuaca dengan faktor pengendaliannya akan membentuk cuaca sesaat yang dalam jangka panjang akan membentuk tipe-tipe iklim .

E. Macam-macam tipe iklim

Berbagai macam unsur pembentuk iklim yang ada diberbagai belahan dunia dapat membentuk beberapa tipe iklim diantaranya adalah:


a.Iklim tropis

Tropik dapat diartikan sebagai suatu yang terletak diantara garis isotherm dibumi bagian utara dan selatan atau daerah yang terdapat di 23,5 derajat lintang utara dan selatan. Pada dasarnya wilayah yang termasuk iklim tropis dapat dibedakan menjadi daerah tropis kering dan tropis lembab. Karakteristik iklim tropis adalah sebagai berikut:
1.      Letaknya dibagian bumi antara 23,5 derajat lintang utara dan selatan
2.      Suhu udara rata-rata tinggi. Hal ini disebabkan karena matahari selalu vertikal umumnya suhu udara antara 20-30 derajat celcius bahkan dapat mencapai 30 derajat celcius.
3.      Tekanan udara pada wilayah dengan iklim tropis cenderung rendah dan perubahannya secara perlahan juga beraturan
4.      Penguapannya tinggi sehingga banyak terdapat awan
5.      Curah hujan tinggi dan lebih lama pertahunnya dari daerahlain didunia
6.      Karena tingginya curah hujan tanah menjadi lebih subur
7.      Wilayahnya mendapatkan sinar matahari sepanjang tahun
8.      Dapat mempengaruhi iklim global jika terjadi perubahan yang signifikan
9.      Suhu udaranya normal


b.      Iklim subtropis


Subtropis adalah wilayah bumi yang berada di utara dan selatan setelah wilayah tropis yang dibatasi dengan garis balik utara dan garis balik selatan. Kondisi iklim subtropis diwarnai dengan gangguan dan rintangan dari alam seperti badai,hujan salju, dan tornado. Daerah beriklim subtropis memiliki 4 musim yaitu musim semi,musim panas,musim gugur, dan musim dingin. Daerah subtropis dibelahan bumi selatan meliputi sebagian besar eropa kecuali skandinavia, kawasan asia tengah,asia timur,dan asia barat sebelah utara, amerika dan sekitarnya. Sedangkan daerah sebagian selatan meliputi australia dan bagian selatan amerika selatan. Karakteristik iklim subtropis adalah sebagai berikut:
1.      Batas yang tegas tidak dapat ditentukan dan merupakan daerah peralihan dari daerah iklim tropis ke iklim sedang
2.      Terdapat empat musim
3.      Suhu sepanjang tahun tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin



c.       Iklim sedang

Secara geografi garis lintang sedang atau trepid dunia terletak antara tropikadan lingkaran kutub. Perubahan didaerah ini antara mmusim panas dan musim dingin biasanya sejuk daripada terlalu panas atau dingin. Dalam perbatasan ini ada banyak jenis iklim yang secara umum dikelompokan dalam dua kategori yaitu samudera dan benua. Semua karakter iklim sedang adalah sebagai berikut:
1.      Banyak terdapat gerakan-gerakan udara siklonal tekanan udara yang sering berubah-ubah dan sering terjadi badai
2.      Amplitudo suhu tahunan lebih besar dan ampitudo suhu harian lebih kecil dibandingkan dengan yang terdapat pada derah iklim tropis


d.      Iklim dingin atau kutub

Iklim kutub adalah iklim dingin yang terdapat didaerah kutub. Didaerah ini musim dingin berlangsung lama, musim panas sejuk berlangsung sebentar dan singkat, memiliki vegetasi berupa lumut-lumutan dan semak-semak.Karakteristik iklim dingin adalah :
1.Musim dingin berlangsung lama
2.Musim panasa berlangsung singkat
3.      Udaranya kering
4.      Tanahnya selalu membeku sepanjang tahun
5.      Dimusim dingin tananh ditutupi oleh es dan salju yang luasakibat mencairnya es dipermukaan tanah
6.      Vegatasinya berupa lumut dan semak .










Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKTIKUM SKARIFIKASI BENIH